Raspberry Pi GPIO

Salah satu fitur dari Raspberry Pi adalah GPIO (General Purpose input / output) pin di sepanjang tepi pcb. Seperti pada gambar

Raspberry Pi GPIO
Raspberry Pi GPIO

Pin ini adalah antarmuka fisik antara Pi dan dunia luar. Sederhananya, pin GPIO ini adalah sebagai switch yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan. Jumlah pin dari GPIO berbeda-beda , tergantung tipe dari raspberry pi. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah.

Raspberry Pi GPIO Comparison
Raspberry Pi GPIO Comparison

Untuk apa sich GPIO ini? Apa yang bisa dilakukan dengna GPIO?

GPIO di gunakan untuk berinteraksi dengan dunia luar, GPIO boleh berupa input atau output. Input bisa berupa sensor atau saklar. Output bisa berupa LED untuk mengirimkan sinyal atau data ke perangkat lain. Jika Raspberry Pi terkoneksi di jaringan LAN/Wifi, anda dapat mengontrol perangkat apapun yang terkoneksi lewat GPIO raspberry pi.

Cara kerja GPIO

  • OUTPUT
Simple Circuit
Simple Circuit

Ketika menggunakan pin GPIO sebagai output, Raspberry Pi menggantikan kedua saklar dan baterai dalam diagram di atas. Setiap pin dapat mengaktifkan atau menonaktifkan, atau bernilai TINGGI (1) atau RENDAH(0) dalam hal komputasi. Ketika pin TINGGI itu output 3,3 volt (3v3); ketika pin RENDAH itu off.

Berikut sirkuit yang sama menggunakan Raspberry Pi. LED terhubung ke pin GPIO (yang dapat output + 3v3) dan pin ground (yang 0V dan bertindak seperti terminal negatif baterai):

Gpio LED
Gpio LED
  • INPUT

Ketika menggunakan pin GPIO sebagai input, maka dia akan mendeteksi nilai dari pin misalnya pada saat saklar di tekan maka nilai pin tersebut bernilai tinggi atau 1, atau saklar di ganti dengan sensor cahaya, bila sensor cahaya mendapatkan cahaya yang terang, maka bernilai satu (tergantung setelan sensor).

Advertisements